Rabu, 06 April 2011 di 23.44 |  
Hukum islam: ketentuannya datang dari ALLAH yg berupa wahyu atau firman2 ALLAH yg biasa disebut Norma ilahi.

Hukum islam: keseluruhan noema ilahi yang mengatur hub antara mans dgn ALLAH (disebut ibadah, ex:sholat), hub mans dng dirinya sendiri, hub mans dgn mans lain dalam kehidupan sosial, serta hub mans dgn benda dan alam sekitar. (yg sanksinya tidak kelihatan).

Dogmatika: seseorang memilih memeluk agama karena keyakinan (kebanyakan karena faktor keturunan,bukan karena paksaan.

Syahadat: ikrar tentang ketauhidan/ keesaan ALLAh dan Rasul.

Ibadah mahdhah: ibadah yang tidak boleh diubah2. Ex: puasa dibulan ramadhan.
Menyerahkan
Mukkalaf: orang yg sudah dewasa,tidak gila,mampu membedakan baik/buruk,sudah dikenakan hukumjika melakukan salah (mendapat dosa).

al-akham al-khamzah(5 penggolongan jenis huku) :
1. Wajib: dilaksanakan mendapat pahala, ditinggalkan dosa. (shalat)
2. Sunnah: dilaksanakan dapat pahala, ditinggalkan tidak dosa. (puasa senin & kamis)
3. Makruh: dilaksanakan tidak dosa, ditinggalkan dapat pahala. (merokok)
4. Mubah: dilaksanakan atau tidak, tidak berdosa dan tidak mendapat pahala. (nikah).
5. Haram:dilaksanakan dosa, ditinggalkan dapat pahala. (zina)

Istilah-istilah dalam hukum islam:
 lembaga keagamaan.
Misal: yg mempelajari tasawuf(ilmu untukmendekatkan diri kepada ALLAH dengan cara HU).
 Lembaga kemasyarakatan islam:
Misal: jama’ah tahlil,yasin,manakib,diba.
 Lembaga hukum:
Misal: peradilan agama,peradilan islam,mahkamah sar’ah(di Aceh).
 Peradilan islam: lembaga/ peradilan yg menyelesaikan semua jenis perkara (pidana & perdata) dengan menggunakan konsep islam secara universal.
 Peradilan agama: peradilan yang menyelesaikan perkara2 perdata islam itu (ex: waris, perkawinan, dan adopsi), sedangkan perkara pidana tidak diselesaikan disini.
 Agama Islam:
Yaitu suatu agama yang disampaikan oleh nabi berdasarkan wahyu ALLAH yang disempurnakan pada masa Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir, mengandung ajaran yg merupakan suatu sistem tersendiri yaitu terdiri dari aqidah,syari’ah dan akhlaq.
 Nabi: manusia suci yang dapat wahyu untuk diri senudiri.
 Rasul: manusia suci yang dapat wahyu untuk diri sendiri dan harus diajarkan kepada umatnya.
 Wahyu:ilmu ALLAH yg diturunkan khusus kepada nabi2 tanpa diusahakan & dipelajari sebelumnya serta tanpa berfikir terlebih dahulu, dari waktu ini diyakini datangnya dari ALLAH.
 Wangsit/wasik/ilham:perasaan yg diyakini hati dan mendorongnya untuk mengikuti tanpa diketahui darimana datangnya.

MUSLIM:
1. Orang yang secara bebas memilih patuh (menyesuaikan kehendaknya dengan kehendak ALLAH).
2. Orang yang menerima petunjuk ALLAH & menyerahkan diri untuk mengikuti kehendakNYA.
3. Orang yang melalui penggunaan akal & kebebasannya menerima & mematuhi kehendak ALLAH & tunduk kepada hukum2 ALLAH ( natural law).







Alasan hukum Islam masuk dalam Kurikulum:
1. Alasan sejarah
Pada masa Belanda,disemua sekolah tinggi hukum yg didirikan oleh pemerintah belanda (baik dibelanda/ di negara jajahannya) diberikan mata kuliah hukum islam (Mohammaden Rechts). Setelah Indonesia merdeka tradisi pemberian mata kuliah tsb diambil alih oleh pemerintah Indonesia.
2. Alasan Penduduk
Mayoritas penduduk Indonesia mengaku beraga Islam,oleh karena itu para pegawai belanda yg akan bekerja di Indonesia dibekali oleh pengertian keislaman.
3. Alasan Yuridis
Di Indonesia hukum islam berlaku secara normatif dan formal yuridis.
Secara yuridis artinya: bagi hukum islam yang mempunyai sanksi kemasyarakatan, jika normanya dilanggar.ex:shalat.
Secara formal: bagi hukum islam yg mengatur hub mans dgn mans yg lain,benda & alam,bagian hukum ini menjadi hukum positif berdasarkan pertauran per-Uuan.ex: perkawinan.
4. Alasan Konstitusional
Dalam pasal 29 UUD’45 NRI berdasarkan ketuhanan YME, yg artinya di Indonesia tidak boleh hukum yang bertentangan dgn norma agama dan kesusilaan. Negara wajib menjalankan syariat2 bagi agama2 yg ada diIndonesia dgn menyediakan falitas2 yg diperlukan agar hukum yg berasal dari agama2 diIndonesia dapat terlaksana, sepanjang pelaksanaan hukum agama itu memerlukan alat kekuasaan negara. (ex: penyelenggaraan haji).untuk syariat yg tidak membutuhkan bantuan kekuasaan negara dalam pelaksanaannya (karena dapat dijalankan secara pribadi oleh pemeluknya maka menjadi kewajiban pribadi. (ex: hukum yg berkaitan dgn hub mans dgn tuhan).
5. Alasan ilmiah
Hukum islamyang dipelajari secara ilmiah oleh orang2 islan & non islam (kaum orientalis).


Tujuan kaum Orientalis mempelajari islam:
1. Mempertahankan kesatuan wilayah dari pengaruh kekuasaan islam. ex:AS.
2. Untuk mencari kelemahan2 islam, lalu digunakan untukmenyerang islam. Hasil dari penemuan2 kelemahan2 islam tsb dibuat dalam bentuk buku2. Kemudian disebarluaskan.
3. Untuk menjadikankerjasama di bidang ekonomi & perdagangan.
4. Untuk tujuan politik yaitu mengkohkan penjajahan barat di dunia yg mayoritas penduduknya muslim.

Kerangka dasar agama & ajaran islam:
Agama islam bersumber dari wahyu (al-qur’an) dansunnah (al-hadits).
Bersumber dari ra’yu/akal pikiran mans yg memenuhi syarat dgn melelui ijtihad (manusia yg berijtihad disebut MUJTAHID) .

Kerangka dasar agama Islam:
1. Aqidah
Iman atau keyakinan yg menjadi pegangan hidup setiap pemeluk agama Islam, yg selalu dikaitkan dgn rukun iman ygmerupakan asas atau dasar dari seluruh agama islam.
Untuk mempelajari aqidah diperlukan ilmu tersendiri yg disebut ilmu kalam.
Ilmu kalam: ilmu yg membahas aqidah mempertahankan iman dan menggunakanakan pikiran.atau ilmu yg membahas ttg Kalam ilahi.
Juga disebut Tauhid (membahas ttg keesaan ALLAH atau Usuluddin membahas & menjelaskan dasar2 agama islam).
2. Syari’ah
Adalah seperangkat norma ilahi yg mengatur hub mans dengan ALLAH, hub mans dgn mans lain dalam kehidupan sosial, serta hub.mans dgn alam sekitar.
Syari’ah dipelajari dgn ilmu fiqih. Pengertian lainnya adalah “ilmu yg berusaha memahami hkm2 yg ada al-qur’an & hadits untuk ditetapkan pada perbuatan mans yg telah dewasa,sehat akal dan berkewajiban melaksanakan hukum islam.
Ilmu fiqih Ialah ilmu yg bertugas menentukan & menguraikan norma2hkm dasar yg ada dalam al-qur’an dan ketentuan2 umum yg terdapat dalam sunnah nabi yg tertuang dalam kitab2 hadits.
Syariah merupakan landasan fiqih.
Fiqih merupakan pemahaman syariah.
Dari perkataan syariah timbul perkataan Tasy’ri.
Tasy’ri samawi: pembuat peraturan per-Uuan yg bersumber dari wahyu dan sunnah.
Tas’ri wadhi: peraturan per-Uuan yg timbul dari hasil pemikiran manusia.
3. Akhlak
Ialah perangai,watak,tingkah laku,budi pekerti,karakter.
Akhlaq dipelajari dengan Ilmu tasawuf.
Ilmu tasawuf: ilmu yg menjelaskan tata cara pengembangan rohanimans dalam rangka mencari & lebih mendekatkan diri kepada ALLAH.
Orang2 yg bertasawuf disebut ahli sufi.
Ahli sufi: orang yg bepergian menempuh perjalanan dgn lamban & teratur melalui tarekat itu.

Ciri2 hk islam
1. Merupakan bagian dan bersumber dr agama islam
2. Merupakan hubungan erat dan tdk dpt dipisahkan dari iman dan akhlak
3. Mempunyai 2 istilah kunci (syariah dan fikih)
4. Terdiri dari 2 bidang utama (ibadah dan muamalah dlm arti luas)
5. Strukturnya berlapis
 Ayat2 al-quran
 Hadist=sunnah
 Hasil2 ijtihad yg memenuhi syarat =ra’yu
6. Mendahulukan kewajiban dari pada hak,awal dr pd pahala
7. Dpt dibagi dlm hk TA’LIFI(Al-ahkam Al-Khamzah) dan Hukum WADHI (hk yg mengandung sebab,syarat,halangan terjdi hub hk)
8. Bersifat universal,berlaku abadi untuk umat islam dimn pun berada
9. Menghormati martabat masyarakat sebagai kesatuab jiwa dan raga,jasmani dan rohani dan memelihara kemulyaan masy.
10. Pelaksanaannya didlm praktek digerakani oleh iman dan akhlaq



Tahap perkembangan hk islam
1. Masa nabi muhammad (610-632 M)
Agama islam sebgai induk hk islam lahir disemenanjung arab (didaerah tandus dan panas) sehingga mempengarui kehidupan msy sekitr (orang badui)yg sangat individual. Kedudukan anak2 laki2 menjadi sangat penting dalam keluarga ,kerena dianggap akan meneruskan keturunan2 dan membawa nama baik keluarga ,sedangkan kedududkan wanita dipandang rendah dan hanya dibebani kewajibannya saja tanpa imbalan hak, jika anak perempuan lahir maka dibunuh. kehidupan masy badui menyembah dewa dewi yg berbentuk berhala,baru sebagian kecil yg percaya kepda allah berkat pencerahan dari nabi ibrahim. Nabi muhammad lahir pd tgl 12 rabiul awal yh gajah/20 paril 571 m. pada usia 40th.beliau menerima wahyu yg pertama sekaligus diangkat sebagai nabi. 3th kemudian, malaikat jibril mendapat perintah allah untuk menyebarluaskan tugasnya sebagai rasul (menyampaikan wahyu kpd umatnya) diantaranya, terfapat ayat2 hukum (tentang ibadah dan muamallah), ayat2 ini pada umumnya berupa prinsip yg hrus dikembangkan lbh lanjut. sewktu nabi msh hidup, tgs mengembangkan hukum terletak pd diri beliau, melalui ucapan, perbuatan2, sikap diam (yg semuanya disebut sunnah)
2. Masa khulafa’ur rasyodin (sahabat nabi) 632-662 m.
Dengan wafatnya nabi muhammad maka terhentilah wahyu yg diterima oleh beliau melalui malaikat jibril (baik di mekkah maupun di madinah), dan berkhirlah sunnahnabi. kedudukan nabi sebagai utusan allah tdk mungkin diganti. tapi tgs sebagai pemimpin msy islam dn kepala negara harus dilanjutkan oleh orng lain. Pengganti nabi sbg pemimpin masy islam dan kpla negara disebut dgn khalifah yg dipilih dr kalangan sahabat, yaitu:

a. Abu bakar ASYIDIQ (632-634 M)
Hal2 penting dlm pemerintahannya:
1. Pidato pelantikannya dijadkan dasar dlm menentukan hub antr takyt dan penguasa atau wn dengan pem.
“apa yg saya lakukanj jika itu bnr krn allah dan rasul maka ikutilah.”
2. Jika ada maslh cr penyelesaiannya dengan melakukan ijtihad bersama dengan para sahbt yg lain sewhingga timbul keputusan bersama (ijma sahabat.)
3. Atas anjuran umar bin khatab dibntuk panitia khusus yg bertgs mengumpulkan cat ayat2 al-quran yg telah ditulis pada zaman nabi
Stlh abu bkar wafat himpunan naskah al-quran disimpan oleh umar bin khatab kemudian diserahkan kepd khabsah (janda nabi mjuhammad)

B. UMAR BIN KHATAB (634-644)
HAL2 PENTING:
1. Melanjutkan usaha abu bakar memperluas daerah2 islam (sampai ke palestina,irak,mesir)
2. Menetapkan tahn baru muharram(hijriah)yg dihitung berdasrkn peredrn bulan
3. Melakukan shalat taraweh
HAL2 YG DILKUKAN BID.HUKUM :
1. Tentang talak 3 yg diucpkan sekaligus di suatu tmpt tertntu,dianggap talak yg tdk mungkin rujuk sbg suami istri kecuali pihak bekas istri menikah terlebih dahulu dengan orang lain. tujuan melindungi kepentingan wanita dari penyalahgunaan hak talak yg ad di tangan suami. Agar para pria berhati hati menggunakn talak 3 tsb.
Pada zaman nabi dan abu bakar,talak 3 yg diucpkn sekaligus dianggap talak 1.
2. Gol mualaf dianggap sebagai MUSTAHIK (orang yg berhk menrima zakat)
3. Dlm Al-quran ada ketentuan bahwa pria muslim boleh menikah dengan wanita ahli kitab (nasrani dan yahudi)namun pada masa khalifah umar dilanrang kawin beda agama
C. UTSMAN bin AFFAN (644-656)
Ketika dipilih ustman bin affan telah berusia 70 th dengan kepribadian yg agak lemah,hal ini dimanfaatkan keluarganya untuk mencri keuntungan pribadi. Perluasan daerah islam diteruskan ke maroko,india dan konstaninopel,jasanya yg relevan ialah menyalin dan membuat al-quran standart.

D. Ali bin Abi thalib (656-662 m)
Pd masa pemerintahannya tidk dpt berbuat banyk untuk mengembangkan hk islam.krn keadaan yg yg tdk stabil.timbulperpechn antr umat islam yg bermuara pada perang saudara kemudian timbul kelompok AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH
(kelompok sunni)yaitu kel. Umat islam yg berpegang teguh pada sunnah nabi muhammad dan kel lain yaitu pengikut ali bin abi thalib.penyebab perpecahan diantra 2 kel ini adlh perbedaan pendapat tentang sapa yg berhak menjadi khlifah.gol syi’ah ini tersebar di wil lebanon,afrika timur,iran,irak,dan pakistan

3. Masa pembinaan ,pengembangan dan pembukuan (abad VII-X)
Periode ini berlangsung 250th.pembinaan hk islam dilakukan pada msa pem khlifah ummayyah (662-75 m)dan khalifah abbassiyah (750-1258 m)
Bukti puncak perkembangan fikih islam pada masa ini adalah :
 Lahir para ahli hk islam yg menemukan dan merumuskan ajaran hk fikih islam
 Muncul teori2 hk yg msh digunakan smpai skrng
Faktor yg mempengaruhi pembinaan dan pengembangan hk islam pd periode ini adalah:
 Wil. Islam sangat luas (didlmnya tinggal berbagai suku bangsa dengan adat istiadat,cARA hidup dan kepentingan yg berbeda),oleh krn itu diperlukan pedoman hk yg jels yg dpt mengatur tingkh laku mrk dlm bebagai bid kehdupn
 Tlah ad bnyk karyatulis tntng hk islam yg dpt digunakan sbg landasan untuk membangun dan mengembangkan hk fikih2 islam
 Telah ad para ahli hk yg mampu ber ijtihad untuk memecahkan berbagai masalh hk dlm masy.pd period inilh timbul paramujtahid yg terkenal dgn nama mathab
4. Masa kelesuan pemikiran
Sejak abad ke 10-11 :
Sejak abad ke-10 hkmislam mulai berhenti berkembang (pada masa akhir pemerintahan khalifah abbasiyyah). Pada ahli hkm pada masa ini hanya mempelajari fikiran2 para ahli hkm sebelumnya yg telah dituangkan dalam berbagai MADZAB.

Faktor penyebab kelesuan berfikir/ kemunduran:
1. kesatuan wilayah yg sangat luas telah retak dgn munculnya beberapa negara baru di asia, afrika,eropa,&timortengah, sehingga membawa ketidakstabilan pilitik yg akhirnya mempengaruhi kegiatan pemikiran & pemantapan hukum.
2. pecahnya kesatuan pemerintahan menyebabkan merosotnya kewibawaan pengendalian perkembangan hukum islam. Pada saat ini muncul orang2 yg sebenarnya tidak layak berijtihad,kemudian mengeluarkan fatwa2 yg membingungkan masyarakat. Bersamaan dengan itu dicanangkan bahwa pintu ijtihad telah tertutup.
3. akibat ketidakstabilan politik maka orang tidak bebas mengemukakan pendapat, para ahli hukum pada periode ini tinggal memilih(ittiba’), atau mengikuti (taqlid) saja ahli hukum terdahulu,sehingga menyebabkan jiwa ijtihad menjadi padam,
4. Para ahli tidak mampu lagi menghadapi perkembangan keadaan dengan menggunakan akal pikiran yg merdeka & bertanggung jawab, akibatnya menjadi lesu+tidak berdaya dalam menghadapi tantangan2 zaman.

5. masa kebangkitan kembali
Setelah mengalami periode kelesuan pemikiran maka kemudian timbulreaksi terhadap ittiba’ dan taqlib, gerakan ini disebut gerakan salaf,yaitu yg ingin kembali pada kemurnian agama islam. Dijaman permulaan yg berdasar pada al-qur’an dan haditsini pada abad muncul mustahid besar bernama ibnu tabmiyah(pada 1263-1328)yg membawa udara segar dalam dunia pemikiran agama dan hukum kemudian dilanjutkanoleh muhammad abduh.



Mereka mempunyai beberapa program:
1. membersihkan islam dari pengaruh dan kebiasaanyg bukan islam.
2. mengadakan pembaruanpada sistem pendidikan islam.
3. merumuskan kembali ajaran2 islam menurut alam fikiran modern.
4. mempertahankan / mebela ajaran2 islam dari pengaruh barat dan serangan agama lain.

Pendapat2 sarjana barat telah meluas dibelahan dunia & mereka mengadakan berbagai seminar yg berkesimpulan:
1. prinsip hukumislam mempunyai nilai yg tidak dapat dipertentangkan lagi.
2. berbagai madhah yg ada mengandung suatu kekayaan pemikiran hukum & kekayaan teknik yg mengagungkan sehingga memungkinkan memenuhi kebutuhan yg dituntut oleh kehidupan modern.
3. menganjurkan dibentuk panitia untuk membuat kamus hukum islam yg disusun secara modern2 untuk memudahkan memperoleh pengertian2 hukum islam.

Hukum islam bersifat umum & universal:
Syari’at islam bukan ajaran & hukum buatan mans yg hanya diperuntunkan bagi 1 bangsa pada masa itu & generasi itu saja, tapi merupakan syari’at yg abadi diperuntukan bagi seluruh umat mans & pada masa2 yg akan datang.
Hal ini dapat dilihat dari:
1. ajaran yg berhubungan dengan akidah & ibadah tidak dapat berubah karena waktu dan zaman. Semuanya dijelaskan dengan jelas,tegas dan rinci.sedangkan ajaran yg berhubungan dengan mu’amalah dan kemasyarakatan diserahkan seluruhnya kepada mujtahid untuk dapat menyesuaikan dnegan lingkungan waktudan tempat.
2. syari’at islamadalah wahyu terakhir dan penutu karena ajarannya meliputi dan melengkapiajaran2 agama sebelumnya.
3. seluruh ajarannya bertujuan untuk:
a. memelihara & mnegakkan ajran agama.
b.menjamin dan menjaga jiwa serta kehidupan mans.
c. menjamin kemurnian akal,dimana mans yg mempunyai misi sebagai kholifah dibumi.
d. menjaga ketertiban keturunan mans.
e. menjaga harta &milikyg berfungsi sebagai alat utama dalam kehidupan.

Perbedaan Syari’ah dan Fiqih:
Syari’ah:
1. terdapat dalamal-qur’an dan hadits, berupa wahyu dan perintah nabi.
2. bersifat fundamental (dasar/pokok) dan ruang lingkupnya luas.
3. ketetapan ALLAH dan rasul. Karena itu berlaku abadi.
4. hanya ada satu dalam al-qur’andan hadits.
5. menunjukkan kesatuan dalam islam.
Fiqih:
1. terdapatdalamkitab2 fiqih, merupakan pemahaman manusia yg memenuhi syarat tentang syari’ah dan hasil pemahaman itu.
2. bersifat instrumental (alat)dan ruang lingkupnya terbataspada hukum yg mengatur perbuatan manusia yg disebut perbuatan hukum.
3. merupakan karya manusia dan tidak berlakuabadi, dapat berubah sesuai dgn perkembangan zaman.
4. lebih dari satu
Ex: terlihat pada aliran2 hukum islamyg disebut mahzab.
5. menunjukkan keragamannya.
Diposkan oleh aditya s gates

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates.
Distributed by Deluxe Templates